MENGAPA KEGIATAN BISNIS PERLU BERETIKA ?


NAMA : LENNY ADHINOER FAMILIASARI R N
NIM :  160321100069
PRODI : AGRIBISNIS

MENGAPA KEGIATAN BISNIS PERLU BERETIKA ?

Perilaku Etis penting diperlukan untuk sukses jangka panjang dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, bisnis seringkali menetapkan pilihan strategis berdasarkan nilai dimana pilihan tersebut didasarkan atas keuntungan dan kelangsungan hidup perusahaan. Manfaat etika bisnis dalam kelangsungan perusahaan adalah sebagai berikut (Muslich, 2004:60-61):
1.    Tugas utama etika bisnis dipusatkan pada upaya mencari cara untuk menyelaraskan kepentingan strategis suatu bisnis dengan tuntunan moralitas.
2.    Etika bisnis bertugas melakukan perubahan kesadaran masyarakat tentang bisnis dengan memberikan suatu pemahaman yaitu bisnis tidak dapat dipisahkan dari etika.

PENTINGNYA ETIKA  DALAM BISNIS
·         Etika merupakan cerminan pada tindakan kesopanan, kebiasaan dan tata krama dalam berbsnis. Jadi, dalam menjalankan usaha, etika juga sangat berpangaruh untuk maraih kesuksesan. Salah satu etika bisnis yang harus dipengang teguh adalah kejujuran.
·         Kejujuran memiliki nilai moral yang tingi dalam beretika. Nilai moral ini selalu berhubungan dengan benar-salah dan baik-buruk/ jahat. Tak jarang juga seorang bembisnis melakukan kecurangan demi meraup keuntungan yang lebih besar. Apalagi bila pasar memiliki banyak produk atau pun jasa yang sejenis, membuat kompetisi sangat ketat.
·         Namun untuk maraup keuntungan tersebut, janganlah pernah berbuat kecurangan. Cara terbaik untuk menarik perhatian para konsumen adalah dengan membuat terobosan-terobosan terbaru dari produk ataupun jasa tersebut. Biasanya para komsumen akan menyukai hal tersebut.
                                                                                           
v  Etika berasal dari kata Yunani ‘Ethos’ : berarti adat istiadat
v  Etika berkaitan dengan nilai-nilai, tatacara hidup yg baik, aturan hidup yg baik, dan segala kebiasaan yg dianut dan diwariskan dari satu generasi ke generasi yg lain.
v  Etika merupakan dasar moral, yaitu nilai-nilai tentang apa yang baik dan apa yang buruk, dan berkaitan dengan hak dan kewajiban
v  Etika bisnis adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan cara melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang masih berkaitan dengan personal, perusahaan ataupun masyarakat. atau bisa juga diartikan pengetahuan tentang tata cara ideal dalam pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal secara ekonomi maupun sosial.

Etika bisnis sangat penting untuk :
·         membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai (value-creation) yang tinggi, diperlukan suatu landasan yang kokoh. Biasanya dimulai dari perencanaan strategis , organisasi yang baik, sistem prosedur yang transparan didukung oleh budaya perusahaan yang andal serta etika perusahaan yang dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen.

·         mempertahankan loyalitas stakeholder dalam membuat keputusan-keputusan perusahaan dan dalam memecahkan persoalan perusahaan. Hal ini disebabkan semua keputusan perusahaan sangat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh stakeholder. Stakeholder adalah semua individu atau kelompok yang berkepentingan dan berpengaruh pada keputusan-keputusan perusahaan.



DAFTAR PUSTAKA
Muslich, Mohammad. 2004. Manajemen Keuangan Modern, Analisis Perencanaan dan Kebijakan. Cetakan Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Komentar