pengertian etika bisnis


NAMA : LENNY ADHINOER FAMILIASARI R N
NIM :  160321100069
PRODI : AGRIBISNIS

PENGERTIAN  ETIKA BISNIS
A.    PENGERTIAN ETIKA BISNIS
1.     Bertens (2013) menyatakan bahwa etika bisnis adalah pemikiran atau refleksi tentang moralitas dalam ekonomi dan bisnis. Moralitas berarti aspek baik maupun buruk, terpuji atau tercela, dan karenanya diperbolehkan atau tidak dari perilaku manusia.
2.     Menurut Budi Untung (2012) Etika bisnis merupakan acuan cara yang harus ditempuh oleh perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Oleh karena itu, etika bisnis memiliki prinsip-prinsip umum yang dijadikan acuan dalam melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan bisnis.
3.     Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis (Velasquez, 2005).
4.     Menurut Curtis (1992), Etika bisnis adalah standar etika yang berkaitan dengan tujuan dan cara membuat keputusan bisnis.
5.     Etika bisnis merupakan suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar guna memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.
Dari definisi diatas disimpulkan bahwa etika bisnis merupakan kaidah hukum yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur tentang tata cara dan norma atau nilai yang berlaku dalam menjalankan suatu kegiatan bisnis.

DAFTAR PUSTAKA
Bertens K. . 2013. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius.
Budi Untung. 2012. Hukum dan Etika Bisnis Edisi 1. Yogyakarta : ANDI Offset.
Curtis, Dan B. 1992. Komunikasi Bisnis dan Profesional. Rosda Jayaputra. Yogyakarta.
Fudyartanta, R.B.S. 1974. Etika Intisari Filsafat Kesusilaan dan Moral. Warawidyani. Yogyakarta.
Velasquez G., Manuel. 2005. Etika Bisnis Konsep Dan Kasus. Yogyakarta: Andi.

Komentar